Kiat Memulai Bisnis Kopi Untuk Anak Muda

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali bermunculan coffee shop di kota – kota seluruh Indonesia. Hal ini karena peluang untuk bisnis kopi masih sangat luas. Namun perlu diketahui bahwa sekarang sudah tidak sedikit lagi orang yang berkecimpung dalam bidang ini. Maka dari itu bagi mereka yang mulai dengan modal yang keci, pastinya akan sulit bersaing diawal namun sama sekali tidak menutup kemungkinan akan sukses nantinya. Masih banyaknya anak muda dan orang yang suka minum kopi, membuat bisnis ini seolah – olah tidak akan mati. Mulai dari teman untuk nongkrong di pos ronda, hingga pelengkap saat rapat di kantor, membuat kopi menjadi andalan dan menu pasti yang harus ada. Nah ini dia tips memulai bisnis kopi bagi anak muda.

1. Ketahui Pasar

Anda harus memikirkan secara detail siapa calon target pasar dari bisnis kopi Anda. Siapa yang akan menjadi konsumennya secara rata –rata, berapakah penghasilannya, seperti apa mereka dalam menganggap  dan merasakan cita rasa suatu kopi, dan dari kalangan apakah mereka? Apa mungkin mahasiswa, kaum millennial yang suka nongkrong di cafe, pekerja kantoran, ataukah the real pecinta kopi. Dengan memahami calon konsumen maka akan mudah bagi kita nantinya untuk membuat action plan dan teknik berjualan nantinya.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat

Tempat yang strategis untuk membuka bisnis kopi juga akan menentukan untuk keberlangsungan bisnis yang dijalani. Jika konsepnya sederhana, maka pilihlah tempat yang ramai dilalui orang, jika konsepnya seperti café, maka carilah lokasi di dekat kampus, gedung perkantoran, atau mall. Jangan sampai salah pilih lokasi karena pasti akan merugikan kita.

3. Dalami Selak – beluk Kopi

Beda biji kopi, beda pula rasanya. Mengenal secara dalam tentang biji kopi yang kita jual atau kita gunakan, akan menjadi nilai plus yang baik karena konsumen akan semakin percaya dengan kita. Bercerita tentang asal muasal kopi serta proses yang dilalui akan menjadi daya tarik tersendiri bagi toko kopi Anda.